Rabu, 28 Desember 2016

Anda kenali tanda-tanda kista

Kenali Tanda-Tanda Kista
Kista adalah kantung berisi cairan yang bisa tumbuh dibagian mana saja. Ukuran dan cairannya bisa bervariasi, ada yang yang berukuran besar maupun kecil, cairannya ada yang encer seperti air dan ada juga yang kental. Kista yang paling sering ditemui adalah kista ovarium. Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya, tetapi beberapa dapat menyebabkan masalah kesehatan dan dapat menghalangi ovulasi sehingga menyulitkan upaya kehamilan.

2 Jenis utama kista ovarium :

Kista Fungsional : Kista yang bersifat jinak ini berasal dari folikel (rongga seperti kantung tempat tumbuhnya sel telur) dan corpus luteum (folikel yang telah melepaskan sel telur). Kista jenis ini bisa muncul selama siklus menstruasi tetapi biasanya hilang dengan sendirinya sebelum memasuki siklus berikutnya.

Kista organik/kista abnormal : Kista jenis ini adalah hasil pertumbuhan sel abnormal (tumor), umumnya jinak. Dalam kasus (jarang terjadi) kista organik dapat menjadi kanker. Contoh kista organik adalah kista dermoid dan polikistik ovarium (PCO). Kista dermoid berisi materi tak terduga seperti jaringan lemak, rambut, gigi, potongan-potongan tulang dan tulang rawan. Sedangkan kista PCO disebabkan oleh penumpukan beberapa kista kecil yang membuat hormon tidak seimbang sehingga menstruasi tidak teratur, rambut tumbuh di tubuh dan pasien menjadi tidak subur.

Gejala :
Kista ovarium sering tidak disertai gejala apapun dan baru diketahui dalam pemeriksaan rutin dokter. Dalam kasus di mana kista ovarium menimbulkan gangguan, gejala yang dapat muncul adalah :

Kembung, nyeri atau bengkak di perut.
Nyeri saat buang air kecil.
Nyeri di panggul segera sebelum atau setelah awal periode menstruasi.
Rasa sakit selama hubungan seksual.
Nyeri menstruasi melebihi biasanya.
Mual atau muntah.
Kehilangan nafsu makan, merasa kenyang walau makan sangat sedikit.
Rasa sakit timbul terus-menerus pada salah satu atau kedua sisi panggul.
Haid tidak teratur.

Bila kista ovarium ditemukan, keputusan penting pertama adalah apakah kista tersebut akan hilang tanpa pengobatan. Kista fungsional diharapkan menghilang spontan dalam beberapa minggu. Bila tetap bertahan dan menimbulkan gangguan, pengobatan kista fungsional biasanya dengan pil hormon/pil KB. Dokter juga dapat memutuskan untuk mengeluarkannya dengan laparoskopi bila dicurigai ada komplikasi. Kista organik seringkali perlu dihilangkan dengan tindakan medis jika menimbulkan gangguan.
Namun hal yang paling penting untuk mencegahnya adalah hindari segala sesuatu yang dapat memicu munculnya kista. Salah satunya adalah penggunaan pembalut dan pantyliner yang berkualitas, bebas dari senyawa dioksin (berasal dari bahan pemutih) serta mengandung nano silver (untuk membunuh bakteri), FIR, dan anion yang dapat menjaga kesehatan reproduksi anda. Tampon Safety and Research Act of 1999, telah menyatakan bahwa dioksin di dalam produk pembalut wanita berpotensi menimbulkan berbagai gangguan organ reproduksi termasuk kanker ovarium.

1 komentar:

  1. Baccarat - WURRI STEVE - THE Baccarat Hall at
    Baccarat - WURRI STEVE. 74636010129 is a 3 card poker game. Players must place a bet of 바카라 $1 or less and the หารายได้เสริม winning card will come in the opposite 인카지노 suit. This card

    BalasHapus