Selasa, 27 Desember 2016

Dioksin ialah


Dioksin ialah senyawa simpel polychlorinated dibenzodioxins yang ditemukan awalannya pada thn 1848 di Jerman. Untuk senyawa polihalogenasi, dimaksud dioksin lantaran molekulnya membuat rangka dioksin. Semuatype dioksin bila telah dikonsumsi/terhirup, sifatnya terakumulasi dalam jaringan lemak badan lantaran dioksin mempunyai karakter lipofilik (larut dalam lemak). Karakter yang lain yang di kenal yakni  mutagen, tetratogen serta adalah komponen organik. Type lain dari Dioksin yakni polychlorinated dibenzofuran. Beragam sumber dioksin, yakni :

Asap daerah industri/sistem industri : bekas pembakaran
Makanan keseharian yang memiliki kandungan lemak (product turun susu)
Herbisida, insektisida
Asap rokok
Bahan-bahan yang memiliki kandungan resin/rayon atau pemutih pembalut, beberapa bahan pembungkus makanan
Sebagian hasil riset serta perihal bahaya dioksin dalam badan manusia serta hewan

Pada sistem produksi, ada dioksin yang terbawa dalam bahan rayon serta daur lagi (Dioxin in American Sanitary Products, 1998)
Dioksin menambah peristiwa endometriosis serta pembesarannya pada primata (Toxicol appl pharmacol, 2000)
Dioksin bisa memengaruhi kesehatan reproduksi, system endokrin, toksik pada system imunitas serta perubahan dan berbentuk karsinogenik
Paparan dioksin sepanjang 4 thn. pada monyet mengakibatkan penambahan peristiwa endometriosis seputar 7-10 thn. lalu (Fundam appl toxicol, 1993)
Para pakar kesehatan mereferensikan untuk pemakainya menggunakan pembalut yg tidak di beri pemutih, lantaran pemutih bisa mengakibatkan resiko kesehatan, terhitung kanker ovarium, mulut rahim/serviks, kanker payudara (tampon safety, 2003)
Dioksin, meskipun dalam jumlah sedikit, terakumulasi dalam jaringan lemak (endometriosis association, 2004). Intervensinya hingga pada tingkat sel, yang pada akhirnya memengaruhi DNA, metabolisme hormon, aspek perkembangan, reproduksi, endokrin, serta manfaat imunitas (Jurnal Environmental Health Perspective, 1995)
IARC (International Agency for Research on Cancer) : TCDD (tetrachlorodibenzo p-dioxin) sekurang-kurangnya bisa ada di badan manusia sepanjang 8 th. dengan mediasi ARL (aryl hydrocarbon receptor) (Wiki)
Tidak ada dosis aman/ambang batas dioksin yang bisa mengakibatkan kanker (Cancer Weekly, 2003)
Efek lain yang dilaporkan : Abnormalitas perubahan enamel pada gigi anak-anak, kelainan tiroid, patologi pada system syaraf periferal serta pusat, rusaknya system imunitas, endometriosis, diabetes (Wikipedia)
Juga International Agency for Research on Cancer WHO, menurut evaluasi efek pada manusia serta hewan yang dikerjakan dari th. 1997 pada akhirnya pada th. 2007 bikin peringatan bakal dampak samping dioksin serta dioksin digolongkan untuk zat karsinogenik untuk manusia (known human carcinogen). Terang telah, bahwasanya dioksin benar-benar beresiko untuk kesehatan badan, serta tampon/pembalut jadi satu diantara sumber bertumpuknya dioksin pada beberapa sel badan (terlebih di organ reproduksi).

Bagaimana Bahaya Dioksin untuk manusia

penebalan dinding rahim
Kanker  payudara, kanker serviks atau leher rahim
Infeksi vagina
Sulit memiliki keturunan (lantaran keputihan / infeksi vagina, kemandulan)
Rendahnya, bukan hanya rusaknya system imunitas (jadi gampang capek, cepat emosi, gampang sakit )
Penyakit Kista
pre menstruation syndrome, emosi yg tidak stabil, nyeri pada perut
Tumor organ reproduksi
Keputihan
Haid tak teratur
Bagaimana caranya dioksin masuk serta mengakibatkan kerusakan badan

Bila wanita tengah haid atau cairan hariannya tengah banyak, maka cairan itu bakal menetes ke permukaan pembalut/pantyliner yang digunakan. Cairan itu berbentuk asam serta berlangsung penguapan. Dioksin yang satu diantara unsurnya oksigen serta sifatnya oksidatif bakal menguap (terlebih bila pembalut atau pantyliner dalam keadaan basah serta kelembapan tinggi), lalu terbawa dalam permukaan vagina, lalu masuk ke rongga rahim melewati leher rahim (serviks).
Dioksin bakal melekat serta terikat pada jaringan lemak di dinding rahim. Dalam sel dioksin bakal berikatan dengan aryl hydrocarbon receptor yang dengan cara di produksi oleh beragam organ terhitung hati, paru-paru, sel limfosit serta plasenta. Lantaran berikatan dengan AhR maka dioksin bergerak bebas dalam sel serta saat berikatan dengan DNA dia bisa mengaktifkan atau mematikan DNA dan merubah susunan DNA. Melewati mekanisme ini dioksin bakal mengakibatkan kerusakan/mengganggu system reproduksi, endokrin, manfaat imun, metabolisme hormon, aspek perkembangan serta menyebabkan sel kanker.

Hub: Sumarno
Pin : D577B145
Wa : 0852 3052 1234

Siap kirim seluruh indonesia






Tidak ada komentar:

Posting Komentar